Senin, 20 September 2010

RANCANGAN INSTRUMEN MOTIVASI BELAJAR

RANCANGAN INSTRUMEN
MOTIVASI BELAJAR
Disusun untuk Memenuhi Tugas Akhir Semester Lima
Mata Kuliah: Pengembangan Instrumen Penelitian
Dosen Pengampu : Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.








Disusun oleh:
Ika Rahayu Susilaningsih
K1207020



PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2010

A. Kajian Teori
Motivasi merupakan hal yang cukup penting dalam menentukan keberhasilan seseorang. Huitt, W. (2001) dalam http://sunartombs.wordpress.com// mengatakan motivasi adalah suatu kondisi atau status internal (kadang-kadang diartikan sebagai kebutuhan, keinginan, atau hasrat) yang mengarahkan perilaku seseorang untuk aktif bertindak dalam rangka mencapai suatu tujuan. Jadi ada tiga kata kunci tentang pengertian motivasi menurut Huitt, yaitu: 1) kondisi atau status internal itu mengaktifkan dan memberi arah pada perilaku seseorang; 2) keinginan yang memberi tenaga dan mengarahkan perilaku seseorang untuk mencapai suatu tujuan; 3) Tingkat kebutuhan dan keinginan akan berpengaruh terhadap intensitas perilaku seseorang.
Sejalan dengan pendapat Huit, Crow dalam Riani (2005:42) menyatakan bahwa motivasi adalah suatu keadaan yang menyebabkan seseorang untuk melakukan suatu perbuatan atau aktivitas untuk mencapai tujuan. Tevan dan Smith dalam Riani (2005:42) juga berpendapat mengenai motivasi, menurut mereka motivasi adalah konstruksi yang mengaktifkan perilaku, sedangkan komponen yang lebih spesifik dari motivasi yang berhubungan dengan tipe perilaku tertentu disebut motif.
Motivasi yang lebih lengkap menurut Sudarwan Danim (2004 : 2) dalam http://sunartombs.wordpress.com// diartikan sebagai kekuatan, dorongan, kebutuhan, semangat, tekanan, atau mekanisme psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Motivasi paling tidak memuat tiga unsur esensial, yakni : (1) faktor pendorong atau pembangkit motif, baik internal maupun eksternal, (2) tujuan yang ingin dicapai, (3) strategi yang diperlukan oleh individu atau kelompok untuk mencapai tujuan tersebut.
Motivasi adalah sesuatu yang menggerakkan dan mengarahkan tujuan seseorang dalam tindakan-tindakannya secara negatif atau positif. Motivasi merupakan sejumlah proses-proses psikologikal yang menyebabkan timbulnya, diarahkanya, dan terjadinya persistensi kegiatan- kegiatan sukarela (volunter) yang diarahkan ke tujuan tertentu, baik yang bersifat internal atau eksternal bagi seorang individu yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme dan persistensi.
Motivasi yang ada pada setiap orang tidaklah sama, berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Untuk itu, diperlukan pengetahuan mengenai pengertian dan hakikat motivasi, serta kemampuan teknik menciptakan situasi sehingga menimbulkan motivasi/dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu lain/ organisasi.
Belajar merupakan proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu, proses yang diarahkan kepada suatu tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, memahami sesuatu yang ingin dipelajari (Gino, dkk: 1998: 31).
Dari berbagai pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Kegiatan itu dilakukan dengan kesungguhan hati dan terus menerus dalam rangka mencapai tujuan.
Pentingnya motivasi dalam proses pembelajaran perlu dipahami oleh pendidik agar dapat melakukan berbagai bentuk tindakan atau bantuan kepada siswa. Motivasi dirumuskan sebagai dorongan, baik diakibatkan faktor dari dalam maupun luar siswa, untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi / memuaskan suatu kebutuhan. Dalam konteks pembelajaran maka kebutuhan tersebut berhubungan dengan kebutuhan untuk pelajaran.
Motivasi belajar siswa dapat dianalogikan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan mesin motivasi belajar yang memadai yang akan mendorong siswa berperilaku aktif untuk berprestasi dalam kelas.
Fungsi motivasi dalam pembelajaran diantaranya :
1. Mendorong timbulnya tingkah laku atau perbuatan, tanpa motivasi tidak akan timbul suatu perbuatan misalnya belajar.
2. Motivasi berfungsi sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
3. Motivasi berfungsi sebagai penggerak, artinya menggerakkan tingkah laku seseorang. Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan.
Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapa pun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi (http://www.anneahira.com/motivasi/index.htm).

B. Definisi Konseptual
Motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Kegiatan itu dilakukan dengan kesungguhan hati dan terus menerus dalam rangka mencapai tujuan.

C. Definisi Operasional
Motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Kegiatan itu dilakukan dengan kesungguhan hati dan terus menerus dalam rangka mencapai tujuan. Motivasi belajar dapat diukur melalui perhatian siswa, relevansi, percaya diri, dan kepuasan.
D. Dimensi dan Indikator
Berdasarkan kajian teori, dimensi konseptual, dan dimensi operasional di atas, maka dimensi dan indikator-indikator yang merujuk pada motivasi belajar siswa dalam instrumen ini adalah sebagai berikut:
1. Perhatian (attention)
2. Relevansi (relevanse)
3. Percaya diri (confidence)
4. Kepuasan (satisfaction)



E. Jenis Instrumen
Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi siswa yaitu angket atau kuisioner. Yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui.

F. Kisi-Kisi Instrumen Kemampuan Menulis Argumentasi
Variabel Indikator Kode Pernyataan Jumlah
Positif Negatif + - ∑
Motivasi Belajar 1. Perhatian (attention)
A1 9, 11,
17, 20, 23,
24, 28 2, 8, 12, 15, 22,
29 7 6 13
2. Relevansi (relevanse)
A2 4, 6, 18,
30 16, 26, 31, 33 4 4 8
3. Percaya diri (confidence)
A3 1, 13, 25,
35 3, 7, 19 4 3 7
4. Kepuasan (satisfaction)
A4 5, 10, 27, 32 14,21, 34 4 3 7
Jumlah Pernyataan 19 16 35


G. Instrumen Angket Motivasi Berprestasi
 Petunjuk Umum Mengerjakan
1. Kuisioner ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar anda.
2. Pada kuisioner ini terdapat 35 pertanyaan. Berilah jawaban yang benar-benar sesuai dengan pilihan anda.
3. Bertanyalah kepada pengawas, apabila menemui kesulitan dalam memahami soal.
4. Jika Anda telah selesai mengerjakan, serahkan lembar soal dan lembar jawaban pada pengawas.
5. Waktu yang disediakan bagi Anda untuk mengerjakan kuisioner ini adalah 60 menit.
Selamat Mengerjakan......


1). Pertama kali saya melihat pembelajaran ini,saya percaya bahwa pembelajaran ini mudah bagi saya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
2). Pada awal pembelajaran, ada sesuatu yang tidak menarik bagi saya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
3). Materi pembelajaran ini lebih sulit dipahami daripada yang saya harapkan.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
4). Setelah membaca informasi pendahuluan, saya yakin bahwa saya mengetahui apa yang harus saya pelajari dari pembelajaran ini.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
5). Menyelesaikan tugas-tugas dalam pembelajaran ini membuat saya merasa puas terhadap hasil yang telah saya capai.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
6). Jelas bagi saya bagaimana hubungan materi pembelajaran ini dengan apa yang telah saya ketahui.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
7). Banyak halaman-halaman yang mengandung amat banyak informasi sehingga sukar bagi saya untuk mengambil ide-ide penting dan mengingatnya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
8). Materi pembelajaran ini sangat membosankan.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
9). Terdapat cerita, gambar atau contoh yang menunjukkan kepada saya bagaimana manfaat materi pembelajaran ini bagi beberapa orang.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
10). Menyelesaikan pembelajaran dengan berhasil sangat penting bagi saya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
11). Kualitas tulisannya membuat saya sangat menarik.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
12). Pembelajaran ini sangat abstrak sehingga sulit bagi saya untuk tetap mempertahankan perhatian saya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju

13). Selagi saya bekerja pada pembelajaran ini, saya percaya bahwa saya dapat mempelajari isinya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
14). Saya tidak menyukai pembelajaran ini sehingga saya tidak ingin mengetahui lebih lanjut pokok bahasan ini.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
15). Halaman-halaman pembelajaran ini kering dan tidak menarik.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
16). Isi pembelajaran ini tidak sesuai dengan minat saya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
17). Cara penyusunan informasi pada halaman-halaman membuat saya tetap mempertahankannya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju

18). Terdapat penjelasan dan contoh-contoh bagaimana manusia menggunakan pengetahuan dalam pembelajaran ini.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
19). Tugas-tugas latihan pada pembelajaran ini terlalu sulit.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
20). Pada pembelajaran ini ada hal-hal yang merangsang rasa ingin tahu saya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
21). Saya benar-benar tidak senang mempelajari pembelajaran ini.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
22). Jumlah pengulangan pada pembelajaran ini kadang-kadang membosankan saya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
23). Isi dan gaya tulis pada pembelajaran ini memberi kesan bahwa isinya bermanfaat untuk diketahui.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
24). Saya telah mempelajari sesuatu yang sangat menarik dan tak terduga sebelumnya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
25). Setelah mempelajari pembelajaran ini beberapa saat, saya percaya bahwa saya akan berhasil dalam tes.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
26). Pembelajaran ini tidak relevan dengan kebutuhan saya sebab sebagian besar isinya tidak saya ketahui.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
27). Kalimat umpan balik setelah latihan, atau komentarkomentar lain pada pembelajaran ini, membuat saya merasa mendapat penghargaan bagi upaya saya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
28). Keanekaragaman pada bacaan, tugas, ilustrasi dan lainlainnya memukau perhatian saya pada pembelajaran ini.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
29. Gaya tulisannya membosankan.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
30). Saya dapat menghubungkan isi pembelajaran ini dengan halhal yang telah saya lihat, saya lakukan, atau saya pikirkan di dalam kehidupan sehari-hari.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
31). Pada setiap halaman terdapat banyak kata yang sangat mengganggu.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
32). Saya merasa bahagia menyelesaikan dengan berhasil pembelajaran ini.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
33). Isi pembelajaran ini tidak bermanfaat bagi saya.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
34). Sedikitpun saya tidak memahami materi pembelajaran ini.
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju
35). Organisasi yang baik isi materi pembelajaran ini membuat saya percaya diri
a. Sangat tidak setuju
b. Tidak setuju
c. Ragu-ragu
d. Setuju
e. Sangat setuju bahwa saya akan dapat mempelajarinya.




H. Kalibrasi Instrumen
1. Validitas
Uji validitas yang digunakan untuk mengukur instrumen ini yaitu dengan rumus sebagai berikut:


2. Reabilitas
Uji reliabilitas yang digunakan untuk mengukur kereliabelan instrumen ini yaitu dengan menggunakan ά Cronbach, dengan rumus sebagai berikut:


I. Simpulan
Motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Kegiatan itu dilakukan dengan kesungguhan hati dan terus menerus dalam rangka mencapai tujuan. Keberhasilan seorang siswa dalam belajar juga ditentukan oleh adanya motivasi dari dalam diri siswa tersebut.











Daftar Pustaka

Djaali, Puji Mulyono. 2008. Pengukuran dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Gino,dkk. 1997. Belajar dan Pembelajaran 1. Surakarta: UNS Press

Asri Laksmi Riani. 2005. Dasar-dasar Kewirausahaan. Surakarta: UNS Press

Motivasi Belajar. http://www.anneahira.com/motivasi/index.htm. (Diakses Tanggal 25 Desember 2009)

Motivasi Belajar. http://sunartombs.wordpress.com/2008/09/23/motivasi-belajar/. (Diakses Tanggal 25 Desember 2009)





















LAMPIRAN

1 komentar: