Senin, 20 September 2010

KTSP

31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2. guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan kesastraan di sekolah;
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.

B. Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

a. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.

Pada akhir pendidikan di SD/MI, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra.














D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
SEKOLAH DASAR
Kelas I, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami bunyi bahasa, perintah, dan dongeng yang dilisankan
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi

2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun
2.3 Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai
Membaca
3. Memahami teks pendek dengan membaca nyaring

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas





Kelas I, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
5.2 Menyebutkan isi dongeng
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng

6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
6.4 Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai
Membaca
7. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin
8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung







Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan
1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
1.2 Mendeskripsikan isi puisi
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi

2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
2.3 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
Membaca
3. Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak

3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar
3.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
Menulis
4. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik















Kelas II, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain
5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya
Berbicara
6. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita

6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
6.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
Membaca
7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati

7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
7.2 Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati
Menulis
8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak

8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi





Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
Membaca
3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng

3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar







Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan

5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
5.2 Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita

6.1 Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
6.2 Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
Membaca
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata) dan membaca puisi
7.1 Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara intensif
7.2 Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
8.1 Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
8.2 Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik













Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps

1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
Berbicara
2. Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
Membaca
3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat

4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)




Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelepon
6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan

Membaca
7. Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif
7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
7.3 Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak

8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun





Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan santun berbahasa
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara

2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar
2.3 Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Membaca
3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
3.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit
3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya






Kelas V, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan

5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Membaca
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan melalui membaca memindai
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat






Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.1 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
Berbicara
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik dan benar
2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun

Membaca
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar
4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi







Kelas VI, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio
5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
6.2 Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
6.3 Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
Membaca
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju


E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

SMP
31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
B. Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
7. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
8. guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
9. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
10. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan kesastraan di sekolah;
11. sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
12. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.


C. Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
7. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
8. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
9. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
10. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
11. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
12. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

a. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.

Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.


















D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas VII, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita

1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi




4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

Berbicara
6. Mengeskpresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga

Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar





Kelas VII, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara

9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
11.3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca

Menulis
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun


Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan puisi
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
13.2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan
Berbicara
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
14.2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial

Membaca
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan

Menulis
16. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami



Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi laporan

Berbicara
2. Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan

2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar

Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat

3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
3.2 Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit

Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
Mendengarkan
5. Mengapresiasi pementasan drama
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama

Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama




Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami isi berita dari radio/televisi
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televisi
9.2 Mengemukakan kembali berita yang didengar/ ditonton melalui radio/televisi
Berbicara
10. Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif


Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan

Berbicara
14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
Membaca
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi

Menulis
16. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan









Kelas IX, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio

Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan

4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
4.2 Meresensi buku pengetahuan
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana



Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair

5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
Berbicara
6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk yang lain
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi
dan suasana/irama yang dibangun

Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen

Menulis
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek
8.1 Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami




Kelas IX, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
9.2 Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah
Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi
10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat  200 kata per menit

Menulis
12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah


Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel

13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan

Berbicara
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama
14.1 Membahas pementasan drama yang ditulis siswa
14.2 Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh siswa
Membaca
15. Memahami novel dari berbagai angkatan
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan 20-30 an
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an
Menulis
16. Menulis naskah drama
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata

E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.








SMA
32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA)


0 A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
13. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
14. guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
15. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
16. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan dan kesastraan di sekolah;
17. sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
18. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.







D. Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
13. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
14. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
15. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
16. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
17. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
18. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.


E. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.

Pada akhir pendidikan di SMA/MA, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.











D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

1 Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disam¬¬paikan secara langsung/melalui rekam¬an
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di da¬lam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit)
3.2 Mengidentifikasi ide teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif
Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/tidak langsung
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi

6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi

Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen

7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi

8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima



2 Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami informasi melalui tuturan
9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
Berbicara
10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber

10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik
10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik

Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
Menulis
12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
12.4 Menyusun teks pidato
Mendengarkan
13. Memahami cerita rakyat yang dituturkan




13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi

14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
Membaca
15. Memahami sastra Melayu klasik

15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik
15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik
Menulis
16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen

16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)







Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
Berbicara
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara
2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)
2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring

3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah

4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan
4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa
4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
Mendengarkan
5. Memahami pementasan drama
5.1 Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan
Berbicara
6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama


6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis dan atau antagonis
Membaca
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan

7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
Menulis
8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi

8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi


Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
Berbicara
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif

11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit
11.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial
dengan membaca intensif
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah

12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan cerpen
13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan
13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan

Berbicara
14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama

14.1 Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
14.2 Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama
Membaca
15. Memahami buku biografi, novel, dan hikayat
15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh
15.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat
Menulis
16. Menulis naskah drama
16.1 Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama






Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Berbicara
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi

2.1 Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi

Membaca
3. Memahami artikel dan teks pidato
3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
Menulis
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi





4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
Mendengarkan
5. Memahami pembacaan novel
5.1 Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
5.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel

Berbicara
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi
6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Membaca
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
Menulis
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)


Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
10.1 Mempresentasikan program kegiatan/proposal
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif

11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
Menulis
12 Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Mendengarkan
13 Memahami pembacaan teks drama

13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
Berbicara
14 Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Membaca
15 Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode

Menulis
16 Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai

16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra


E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


SMK
37. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
A. Latar Belakang
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib. Melalui penguasaan kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia, peserta didik diarahkan, dibimbing, dan dibantu agar mampu berkomunikasi bahasa Indonesia secara baik dan benar. Pada era global penggunaan bahasa secara baik dan benar merupakan syarat mutlak di dunia kerja.
Untuk menghadapi tantangan masa depan, kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu syarat keberhasilan bekerja. Karena itu pelajaran Bahasa Indonesia dirancang, dikembangkan serta diarahkan untuk dapat mempersiapkan peserta didik mampu berkomunikasi di dunia kerja secara efisien dan efektif.
Cakupan mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik meliputi pembentukan kompetensi berkomunikasi secara lisan dan tertulis pada tingkat Semenjana, Madia, dan Unggul.

B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mencapai tingkat kualifikasi unggul
2. Menerapkan kompetensi berbahasa Indonesia secara baik dan benar pada mata pelajaran lainnya
3. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efisien dan efektif, baik lisan maupun tertulis
4. Meningkatkan kemampuan memanfaatkan berbahasa Indonesia untuk bekerja.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Berkomunikasi pada tingkat Semenjana
2. Berkomunikasi pada tingkat Madia
3. Berkomunikasi pada tingkat Unggul.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Semenjana 1. 1 Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
1. 2 Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat
1. 3 Membaca cepat untuk memahami informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat
1. 4 Memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks
1. 5 Melafalkan kata dengan artikulasi yang tepat
1. 6 Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
1. 7 Menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun
1. 8 Mengucapkan kalimat dengan jelas, lancar, bernalar, dan wajar
1. 9 Menulis dengan memanfaatkan kategori/kelas kata
1. 10 Membuat berbagai teks tertulis dalam konteks bermasyarakat dengan memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat
1. 11 Menggunakan kalimat tanya secara tertulis sesuai dengan situasi komunikasi
1. 12 Membuat parafrasa dari teks tertulis
2. Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Madia 2. 1 Menyimak untuk menyimpulkan informasi yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja
2. 2 Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja
2. 3 Memahami perintah kerja tertulis
2. 4 Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja

2. 5 Menggunakan secara lisan kalimat tanya/pernyataan dalam konteks bekerja
2. 6 Membuat parafrasa lisan dalam konteks bekerja
2. 7 Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
2. 8 Bercakap-cakap secara sopan dengan mitra bicara dalam konteks bekerja
2. 9 Berdiskusi yang bermakna dalam konteks bekerja
2. 10 Bernegosiasi yang menghasilkan dalam konteks bekerja
2. 11 Menyampaikan laporan atau presentasi lisan dalam konteks bekerja
2. 12 Menulis wacana yang bercorak naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif
2. 13 Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja
2. 14 Menyimpulkan isi teks tertulis dalam konteks bekerja
3. Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat Unggul 3. 1 Menyimak untuk memahami secara kreatif teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
3. 2 Mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
3. 3 Menulis proposal untuk kegiatan ilmiah sederhana
3. 4 Menulis surat dengan memperhatikan jenis surat
3. 5 Menulis laporan ilmiah sederhana

E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.



34. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunadaksa (SDLB-D)
A. Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SDLB-D ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2. guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program di sekolah;
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.


B. Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.


C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.

Pada akhir pendidikan di SDLB peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 5 buku sastra dan nonsastra.


















D. Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar

Kelas I, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Membedakan bunyi, melakukan sesuatu perintah yang dilisankan, dan mendengarkan dongeng
1.1 Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi bahasa dan melafalkannya dengan benar
1.2 Mendengarkan dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.3 Mendengarkan dongeng dan menyebutkan tokoh-tokohnya
2. Memahami intonasi pembacaan puisi anak 2.1 Membedakan intonasi tinggi rendah dan keras lemah
2.2 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai
Berbicara
3. Memperkenalkan diri

3.1 Menyebutkan identitas diri (nama, umur, alamat)
3.2 Merangkai identitas diri untuk diinformasikan kepada orang lain dalam kalimat sederhana dan bahasa yang santun.
4. Mengetahui nama dan fungsi anggota tubuh serta benda-benda disekitar
4.1 Menyebutkan nama dan fungsi anggota tubuh
4.2 Menyebutkan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana
Membaca
5. Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana

5.1 Membaca nyaring suku kata dan kata
5.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
6. Menulis permulaan
6.1 Menyalin atau mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku
6.2 Menulis-permulaan huruf, kata, dan kalimat sederhana
6.3 Melengkapi kalimat yang belum selesai
6.4 Menyalin puisi anak sederhana

Kelas I, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7. Mendengarkan deskripsi sederhana dan dongeng
7.1 Menyimak deskripsi sederhana tentang benda-benda di sekitar
7.2 Menyebutkan benda yang dideskripsikan
7.3 Menyimak dongeng
7.4 Menjawab pertanyaan sederhana tentang isi dongeng
Berbicara
8. Melakukan dialog sederhana tentang diri sendiri dan rasa suka atau tidak suka, serta dialog tokoh dongeng/cerita rakyat

8.1 Membaca teks percakapan sederhana
8.2 Melakukan percakapan sederhana tentang diri sendiri menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
8.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
8.4 Mengucapkan dialog sederhana tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai
Membaca
9. Membaca lancar dan membaca puisi anak

9.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata
9.2 Menjawab pertanyaan sederhana
9.3 Membaca puisi anak sederhana yang terdiri atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
9.4 Menjawab pertanyaan sederhana

Menulis
10. Menulis puisi dan kalimat sederhana yang didiktekan guru
10.1 Menyalin puisi anak yang disediakan atau yang didiktekan guru
10.2 Menulis kalimat sederhana dengan benar dan rapi
10.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru.


Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Mendengarkan pembacaan teks pendek dan pembacaan puisi anak
1.1 Mendengarkan pembacaan teks pendek
1.2 Menceritakan kembali isinya dengan menggunakan kata-kata atau kalimat sendiri
1.3 Mendengarkan pembacaan puisi anak
1.4 Menjawab pertanyaan tentang isi puisi

Berbicara
2. Bertanya kepada orang yang belum dikenal

2.1 Menyapa orang yang belum dikenal
2.2 Menanyakan sesuatu kepada orang lain yang belum dikenal dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
3. Menampilkan cerita dan puisi 3.1 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
3.2 Menjawab pertanyaan teman
3.3 Menjawab pertanyaan guru
3.4 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
Membaca
4. Memahai bacaan dan puisi anak sederhana

4.1 Membaca lancar teks pendek (10-15 kalimat)
4.2 Menceritakan isi teks
4.3 Membaca puisi anak sederhana
4.4 Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
Menulis
5. Menampilkan karya sastra
5.1 Menyalin puisi anak yang disediakan guru
5.2 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat atau kalimat singkat
5.3 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan penggunaan huruf kapital dan tanda titik


Kelas II, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
6. Memahami pesan pendek dan dongeng yang didengar
6.1 Mendengarkan pesan pendek
6.2 Menyampaikan isi pesan kepada orang lain (teman, guru, atau orang tua)
6.3 Mendengarkan dongeng
6.4 Menceritakan isi dongeng dengan kalimat sendiri
7. Memahami isi cerita
7.1 Menyimak cerita anak yang disampaikan orang lain
7.2 Menceritakan kembali isi cerita yang baru didengarnya
Berbicara
8. Mendeskripsikan tumbuhan dan binatang

8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai dengan ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
8.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
Membaca
9. Membaca dengan nyaring teks (15-20 kalimat) dan dengan dalam hati (20-25 kalimat)

9.1 Mendeskripsikan tumbuhan disekitar sesuai ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain
9.2 Mendeskripsikan binatang disekitar sesuai ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain
9.3 Menyebut nama binatang atau tumbuhan sesuai dengan deskripsi yang diberikan

10. Membaca dengan nyaring dan dengan dalam hati 10.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
10.2 Membaca dalam hati teks agak panjang (20-25 kalimat)
10.3 Membuat kalimat tanya yang berkaitan dengan teks
Menulis
11. Menulis deskripsi sederhana
11.1 Menulis deskripsi sederhana tentang tumbuhan
11.2 Menulis deskripsi sederhana tentang binatang

12. Menyalin puisi anak 12.1 Menyalin puisi anak yang disediakan guru
12.2 Menuliskan puisi yang dibuat sendiri (bagi anak yang pintar)








Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak

1.1 Mendengarkan dengan santun penjelasan tentang petunjuk, untuk membuat sesuatu
1.2 Melaksanakan kegiatan sesuai dengan petunjuk yang didengar
1.3 Mendengarkan cerita anak dan tanggap terhadap tokoh- tokohnya

Berbicara
2. Menceritakan atau menjelaskan sesuatu
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan kalimat yang runtut
2.2 Menanggapi cerita teman
2.3 Menjelaskan urutan berbuat sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.4 Mendeskripsikan benda atau seseorang berdasarkan ciri-cirinya dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
2.5 Memberikan tanggapan terhadap cerita teman
2.6 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat



Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami cerita pengalaman dan bacaan teks drama anak

5.1 Mendengarkan cerita pengalaman teman.
5.2 Memberikan tanggapan terhadap cerita pengalaman teman
5.3 Mendengarkan pembacaan teks drama anak/ dialog
5.4 Memerankan, dan berdialog

Berbicara
6. Melakukan percakapan melalui telepon dan bercerita berbagai peristiwa

6.1 Melakukan percakapan melalui telepon dengan kalimat ringkas
6.2 Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
6.3 Memberikan tanggapan sederhana terhadap cerita teman

Membaca
7. Menunukkan teknik membaca intensif teks (150-200 kata) dan membaca puisi
7.1 Membaca intensif teks agak panjang (sekitar 150-200 kata)
7.2 Meringkas teks bacaan
7.3 Menjawab/mengajukan pertanyaan
7.4 Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

Menulis
8. Menulis karangan dan puisi
8.1 Menulis karangan tentang berbagai topik sederhana dengan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda ttitik, tanda koma, dll)
8.2 Menulis puisi berdasarkan pengalaman dengan pilihan kata yang menarik



Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps/lalu lintas

1.1 Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
1.2 Menjawab pertanyaan
1.3 Mendengarkan penjelasan tentanng simbol daerah, lambang korps atau lambang lalulintas
1.4 Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis simbol atau lambang
1.5 Menjawab pertanyaan

Berbicara
2. Mendeskripsikan tempat sesuai denah dan penjelaskan petunjuk
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang komunikatif
2.3 Menjawab pertanyaan
Membaca
3. Memahami teks bacaan tentang petunjuk pemakaian, kamus/ensiklopedi, denah, dan teks agak panjang (150-200 kata)

3.1 Membaca petunjuk pemakaian sesuatu
3.2 Menjawab pertanyaan
3.3 Membaca memindai kamus/ensiklopedi untuk mencari arti kata atau informasi secara tepat
3.4 Membacakan denah dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti
3.5 Membaca sekilas teks agak panjang (150-200 kata) dan menemukan pikiran pokok
3.6 Menemukan pikiran pokok

Menulis
4. Mengetahui penulisan petunjuk, bagian cerita yang dihilangkan, dan penulisan surat

4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan ejaan( tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2 Menulis petunjuk melakukan sesuatu
4.3 Menjelaskan cara membuat sesuatu
4.4 Melengkapi pada bagian awal, tengah, atau akhir cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
4.5 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang komunikatif

Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
5.1 Mendengarkan pengumuman kemudian menentukan isi dan menyampaikan kembali isinya
5.2 Mendengarkan pembacaan pantun anak dan mengucapkannya kembali
Berbicara
6. Mempraktekkan berbalas pantun, menyampaikan pesan dari telepon, dan membahas masalah aktual di sekitar
6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan.
6.3 Membahas masalah-masalah aktual yang terjadi di sekitar dengan memberikan alasan yang tepat
Membaca
7. Memahami bacaan
7.1 Membaca intensif dan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf
7.2 Membaca nyaring pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
7.3 Membaca pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8. Menyusun paragraf, menulis pengumuman, dan membuat pantun anak

8.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang komunikatif dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll)sesuai dengan ciri-ciri pantun












Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat
1.1 Mendengarkan penjelasan dari narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll)
1.2 Memberikan tanggapan dengan memperhatikan santun berbahasa
1.3 Mendengarkan cerita rakyat dari berbagai unsur
Berbicara
2. Memahami suatu persoalan dan berwawancara sederhana dengan narasumber

2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa
2.2 Memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikaan pilihan kata dan santun berbahasa
2.3 Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa serta melaporkan hasil wawancara
Membaca
3. Menganalisis teks percakapan, membaca cepat dan membaca puisi
3.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menuliskan isi percakapan dalam beberapa kalimat
3.3 Membaca cepat teks dan menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75% benar
3.4 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.5 Menjelaskan isi puisi

Menulis
4. Memahami teknik penulisan karangan, dan dialog 2-3 tokoh
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan sistematika dan penggunaan ejaan
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
4.3 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4 Menulis dialog antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi dan ejaan serta memerankannya


Kelas V, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami cerita tentang peristiwa dan cerita pendek anak

5.1 Mendengarkan cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar
5.2 Mendengarkan cerita pendek anak-anak
5.3 Menanggapi dari berbagai unsur (tokoh, tema, latar, atau amanat)
Berbicara
6. Memberikan pendapat tentang persoalan faktual dan memerankan drama pendek anak
6.1 Menanggapi tentang persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
6.2 Memerankan drama pendek anak dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Membaca
7. Memahami bacaan sekilas dua teks, membaca memindai teks khusus, dan membaca cerita anak
7.1 Membaca sekilas dua teks
7.2 Membaca memindai untuk menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll)
7.3 Membaca cerita anak
Menulis
8. Menganalisis isi buku, membuat poster, dan menulis puisi bebas
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Membuat poster dengan bahasa yang komunikatif
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat

Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami pembacaan teks dan cerita anak
1.1 Mendengarkan pembacaan teks
1.2 Menentukan tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari bacaan
Berbicara
2. Menyampaikan informasi dari media, mengkritik/memuji, menceritakan hasil pengamatan/kunjungan, dan memerankan tokoh cerita
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut dan komunikatif
2.2 Menanggapi (mengritik/memuji) sesuatu disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
2.3 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut dan komunikatif
2.4 Memerankan tokoh-tokoh berdasarkan cerita yang dibaca atau didengar dengan ekspresi yang sesuai
Membaca
3. Memahami laporan dan membaca sekilas kolom khusus
3.1 Membaca intensif laporan hasil pengamatan/kunjungan
3.2 Membaca sekilas informasi dalam kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll)
Menulis
4. Memahami berbagai jenis formulir, membuat ringkasan, meringkas, menyusun percakapan, dan mengubah puisi ke dalam bentuk prosa
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup, transfer antarbank ,dll) dengan benar
4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan maknanya

Kelas VI, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami isi berita dan drama pendek
5.1 Mendengarkan pembacaan berita di televisi atau radio
5.2 Mendengarkan drama pendek
5.3 Menceritakan isi drama pendek
Berbicara
6. Memahami cara-cara berpidato, melaporkan isi buku, dan membaca puisi karya sendiri
6.1 Berpidato untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll) dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2 Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
6.3 Membaca puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat dan menjelaskan isinya
Membaca
7. Memahami cara-cara membaca intensif dan teks drama
7.1 Membaca intensif teks dan menemukan makna tersirat
7.2 Membaca teks drama anak-anak dan membahas berbagai unsurnya (tokoh, latar, alur, tema dan atau amanat)
Menulis
8. Memahami cara-cara menyusun naskah pidato, drama, dan menulis surat resmi
8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll) dengan bahasa yang komunikatif dan santun serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
8.3 Menulis naskah drama anak secara berkelompok dan memerankannya





E. Arah pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar